Hari Pertama Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun 2021/2022

Hari Pertama Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun 2021/2022

SDN 01 Karang Menjangan – Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara standar sekolah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu. Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama satu tahun (dua semester). Penilaian Akhir Tahun (PAT) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama dua semester. Hasil PAT selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

Pelaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Pada hari senin tanggal 23 Mei 2022 – 27 Mei 2022 Siswa Kelas Rendah, Untuk Siswa kelas Atas dimulai hari sabtu 28 mei 2022 hingga kamis tanggal 02 Juni 2022 Pelajaran 2021/2022, Penilaian diadakan di sekolah yang terbagi dalam dua sesi. Satu sesi terdiri dari dua mata pelajaran yang diujikan. Sesi 1 pukul 07:30 s.d. 09:30 dan sesi 2 pukul 09:30 s.d. 11:30. PAT Semester Genap di SDN 01 Karang Menjangan berjalan dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan

Kegiatan evaluasi melalui pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (sekolah) melalui guru untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai waktu yang diprogramkan. Hasil itu sendiri dapat menjadi bahan tindak lanjut bagi guru untuk meneruskan, mengulang, memberi perbaikan (remedial) atau bahkan memberikan pengayaan baik secara klasikal maupun individual. Dari hasil analisis tersebut guru dapat mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pengajaran yang berkesinambungan.

Selain untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi, kegiatan PAT juga merupakan evaluasi terhadap siswa untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi yang dimilikinya dan merupakan keterpaduan dari seluruh materi yang diterima selama siswa tersebut belajar.

Berbagi

Posting Komentar